2 Bulan Free Cargo Literacy

Hari Raya Idul Fitri 2017 masih beberapa hari lagi, tapi bagi sejumlah penggiat literasi lebaran terasa seperti sudah tiba. Lebaran pendahuluan yang mereka rayakan itu adalah “Idul Pustaka” yang mulai berlangsung sejak Senin kemarin bersama datangnya sejumlah paket buku yang diantar oleh armada PT Ina Post (Persero).

Menurut laporan PT Pos, jumlah paket buku yang mereka antar Mei lalu sebanyak 171 koli, dan Juni ini 1.076 koli, meningkat 500% lebih. Total 7 ton paket buku gratis yang diantarkan ke berbagai penjuru, terbanyak ke Bali dan Nusa Tenggara 26, 72%, kemudian Sulawesi dan Maluku 21,06%, dan Papua 18,42%. Laporan ini disebar senin yang lalu. Jika diperiksa lagi, angka total jumlah paket terkirim tentu lebih besar.

Kawan-kawan yang mengirim dan menerima paket di berbagai daerah, melaporkan betapa mereka sangat senang dengan kinerja PT Pos. Relawan Noken Pustaka menyampaikan bahwa kepala cabang Pos Manokwari memberi pelayanan istimewa dan menunjukkan apresiasi tinggi kepada kegiatan berbagi buku Jaringan Pustaka Bergerak Papua. Dari Medan dan Pemalang masuk juga laporan tentang keramahan para kurir pos mengantarkan paket.

Penghargaan yang tinggi tentu harus disampaikan ke seluruh jajaran PT Pos. Kesungguhan para petugas loket dan keramahan para kurir, agaknya adalah cerminan dari kesadaran para pimpinannya bahwa mereka sedang terlibat dalam sebuah eksperimen sosial, sebuah revolusi, yang belum pernah dilakukan di negara manapun. FREE CARGO LITERACY, pengiriman buku gratis sekali sebulan, secara sistematis baru pertama kali dilakukan di dunia ini, dan Indonesia yang memulainya, dengan PT Pos sebagai fasilitatornya.

Dimulai di Hari Kebangkitan Nasional 20 Mei, Free Cargo Literacy sudah menunjukkan kemampuannya menyatukan kekuatan masyarakat dan pemerintah bahu membahu menyebar pengetahuan ke berbagai penjuru Tanah Air. Kita tentu harus merawat dan mengembangkannya sungguh-sungguh, menjadikannya modal bersama untuk mengukir sejarah.

Terima kasih banyak PT Pos. Dan terima kasih banyak untuk Presiden Jokowi (panjang umur ya Pak) serta semua pihak yang telah mendukung dan memberi bentuk pada gerakan Free Cargo Literacy ini.

 

Sumber : Group Facebook Pustaka Bergerak Indonesia

Tautan : Daftar Taman Bacaan Masyarakat