Cara Tepat Packing Kosmetik Agar Selamat Sampai Tujuan

Di zaman yang serba maju seperti saat ini, peluang usaha bisa didapat dari mana saja, salah satunya berjualan secara online. Ya, bisnis satu ini menjanjikan keuntungan besar dengan modal yang cukup ringan dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Selain itu, berjualan online juga tidak membutuhkan tempat usaha khusus dan bisa dilakukan kapan pun, bahkan untuk Anda yang merupakan pekerja kantoran. Berbagai alasan itulah yang membuat bisnis online banyak diminati para ibu rumah tangga dan mahasiswa.

Nah, salah satu barang yang banyak sekali dijual secara online adalah kosmetik. Dengan variasi produk yang beragam dan menawarkan kemudahan berbelanja, banyak konsumen yang lebih tertarik membeli kosmetik secara online. Terlebih lagi, pengiriman ke berbagai tempat juga lebih mudah, cepat, dan aman melalui berbagai layanan dari Ina Post.

Namun untuk Anda yang diharuskan mengirimkan kosmetik melalui pos, perlu berhati-hati dalam pengemasan. Sebab kosmetik seringkali memiliki bagian yang rapuh dan mudah patah, sehingga pengemasan yang salah akan membuatnya rawan rusak. Supaya tak mengecewakan pelanggan, berikut ini beberapa cara packing kosmetik yang harus Anda tahu:

Pilih pembungkus yang tepat

Cara packing kosmetik yang pertama adalah dengan memilih pembungkus yang tepat. Pembungkus yang baik terbuat dari material yang kuat, misalnya saja cardboard. Hindari menggunakan kardus bekas yang sudah lusuh karena akan membuat barang di dalamnya mudah tertekan. Selain itu, pastikan pembungkus yang Anda gunakan memiliki ukuran yang sesuai dengan barang, tidak terlalu besar dan tidak juga terlalu kecil.

Perhatikan cara mengepak

Kosmetik yang sudah dibungkus sebaiknya tidak langsung dikirim, tapi harus dimasukkan lagi ke dalam kardus. Saat mengepak kosmetik, pastikan Anda menggunakan kardus yang berukuran pas atau lebih besar. Jika menggunakan kardus yang lebih besar dari barang, maka jangan sampai ada celah di dalamnya. Anda bisa menggunakan kertas koran yang sudah dibentuk menjadi bulatan sebagai sumpalan di sisi-sisi kardus. Pastikan memasukkan cukup banyak sumpalan hingga barang yang ada di dalam kardus tidak bergerak sama sekali.

Hati-hati jika kirim lebih dari 1 barang

Jika Anda mengirim banyak barang dalam sekali waktu, maka cara packing kosmetik tersebut sedikit berbeda. Pertama, Anda harus membungkusnya secara individual, bisa dengan plastik atau kertas yang diperkuat dengan selotip. Setelah itu, pisahkan setiap barang dengan separator, bisa berupa kardus yang kaku atau sterofoam. Pastikan kosmetik tidak saling berbenturan pada saat proses pengiriman dengan memasukkan sumpalan kertas koran di setiap sisi separator.

Lindungi dengan selotip

Setelah barang terbungkus rapi di dalam kardus, pastikan Anda menyegelnya dengan selotip. Bukan hanya bagian tutupnya saja, namun segel juga sisi-sisi kardus supaya wadah lebih kuat dan tak mudah jebol. Pilih selotip berukuran besar yang mampu melapisi dengan baik dan juga pastikan daya rekatnya tinggi.

Beri label

Cara packing kosmetik yang tak kalah penting adalah dengan memberi label pada bagian atas kardus. Ada baiknya menuliskan peringatan seperti ‘Awas Barang Rawan Pecah’, agar pihak pengirim lebih berhati-hati saat membawa paket. Selain itu, pastikan juga Anda menulis alamat penerima dengan lengkap sehingga barang akan sampai di tujuan.

Nah, dengan cara packing kosmetik yang tepat, dijamin kiriman Anda akan sampai dengan aman di tangan pembeli. Ada beberapa jenis pengiriman yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan, misalnya Pos Expess, Suratpos Biasa, Postal Package, Special Express Mail, Express Mail Service, dan juga Admail Pos.