Percayakan Ina Post Untuk Ekspor Buah Andalan Indonesia

Dari sejumlah buah andalan ekspor Indonesia mulai dari jambu, salak, rambutan, nanas, durian, manggis, melon, mangga, jeruk hingga semangka, ada tiga buah-buahan yang menjadi primadona ekspor Indonesia. Buah tersebut adalah manggis, salak, dan mangga. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Selama 2013 saja, ekspor manggis Indonesia mencapai USD5,73 juta atau sekitar Rp63 miliar. Manggis menjadi buah penyumbang devisa terbesar Indonesia. Badan Pusat Statistik (BPS) dalam Statistik Tanaman Buah dan Sayuran mencatat ekspor manggis pada 2015 mencapai US$ 17,2 juta. Negara yang menjadi tujuan buah andalan ekspor Indonesia ini adalah Thailand, Malaysia, dan Hong Kong. Buah manggis merupakan salah satu komoditas buah andalan Indonesia. Sejak tahun 1970-an hingga sekarang permintaan ekspor meningkat terus sehingga dapat dikatakan buah manggis sebagai primadona ekspor yang menjadi andalan Indonesia. Sumbangan ekspor buah manggis sangat besar dalam rangka meningkatkan devisa negara dan pendapatan petani. Buah manggis memiliki nilai ekonomi tinggi dan mempunyai prospek yang baik untuk dikembangkan sebagai komoditas ekspor dan pesaingnya relatif sedikit seperti Malaysia dan Thailand serta negara Amerika Latin. Ekspor manggis menempati urutan pertama ekspor buah segar ke mancanegara kemudian diikuti oleh nanas dan jeruk.

Tujuan ekspor buah manggis adalah Hong Kong, Taiwan, RRC, Singapora, Arab Saudi, Uni Emirat Arab, dan negara-negara Eropa dan akhir-akhir ini permintaan dari Amerika serikat sangat tinggi. Manggis yang diekspor umumnya berasal dari daerah penghasil utama di sentra produksi manggis, seperti Tasikmalaya, Purwakarta, Bogor, Sukabumi, Lampung, Purwerejo, Belitung, Lahat, Tapanuli Selatan, Limapuluh Kota, Padang Pariaman, Trenggalek, Blitar, dan Banyuwangi.

Selain manggis buah andalan ekspor Indonesia lainnya adalah pisang. Jenis pisang yang masuk kategori ini seperti pisang tanduk dan kepok. Nilai ekspor jenis pisang ini mencapai US$ 12 juta. Selanjutnya, mangga dan salak juga banyak diekspor masing-masing mencapai US$ 1,8 juta dan US$ 1,6 juta. Buah-buahan eksotik Indonesia sangat berpotensi menjadi buah andalan ekspor ke mancanegara, termasuk Kanada karena tidak dimiliki negara lain.

Dalam urusan ekspor impor tentunya membutuhkan jasa logistik yang terpercaya dan mempunyai jangkauan luas seperti  negara-negara tujuan ekspor buah andalan Indonesia. PT. Ina Post hadir sebagai perusahaan logitisk yang melayani pengiriman dokumen dan paket dalam skala kecil maupun besar seperti pengiriman buah andalan ekspor Indonesia ke negara tujuan. Ina Post dengan layanan pos ekspor yang dapat diandalkan dalam urusan ekspor ke luar negeri.

Keunggulan Pos Ekspor

•    Layanan pengiriman barang ke luar negeri khusus untuk pengusaha UKM, yang telah melakukan kerjasama dengan PT Ina Post (Persero).
•    Waktu tempuh kiriman H+4 sampai dengan H+8.
•    Jangkauan yang luas hingga 227 negara tujuan.
•    Tingkat berat kiriman yang diterima diatas 10 kg sampai dengan 300 kg.
•    Perusahaan yang akan mengekspor tidak perlu khawatir dalam urusan packaging, fumigasi, pick-up service, pengurusan dokumen ekspor karena sudah termasuk dalam layanan khusus pos ekspor
•    Jejak lacak status kiriman.

Anda bisa melakukan ekspor barang ataupun buah andalan ekspor Indonesia dengan mudah dan aman menggunakan layanan pos ekspor dari Ina Post yang sudah terbukti selama bertahun-tahun dan mempunyai jaringan luas. Tujuan dari layanan pos ekspor Ina Post selain sebagai jasa pengiriman (logistik) tetapi juga bertujuan memajukan dan mensukseskan program ekspor dari Indonesia ke negara lain.