Tarif kirim motor antar kota melalui Ina Post

Fenomena mudik ketika lebaran memang sudah menjadi tradisi, banyak masyarakat kota yang antusias untuk melakukan pulang kampung ke kota asal mereka masing-masing. Tidak heran ketika lebaran segala tiket terjual ludes, seperti tiket kereta api atau tiket pesawat terbang.

Tidak hanya tiket kereta atau tiket pesawat yang ludes di borong para pemudik, tetapi juga jasa ekspedisi pun ikut kebanjiran order. Mulai dari pengiriman paket barang, dan dokumen saja yang laris manis ketika lebaran menjelang. Tetapi pengiriman kendaraanpun kerap kali diminati oleh masyarakat, sehingga pemudik tidak perlu merasa capai ketika mudik dengan membawa motor.

Tarif kirim motor antar kota

Sepeda motor saat ini memang menjadi alat transportasi yang paling disukai oleh masyarakat, sebab motor memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan alat transportasi lainnya. terutama untukk dalam kota dan jarak pendek. Tak hanya itu, motor pun dipercaya dapat menjadi solusi kemacetan. Meskipun disadari sepeda motor adalah alat transportasi yang kurang terjamin dari segi keamanan, namun tetap saja motor menjadi kendaraan favorit bagi masyarakat.

Karena motor telah menjadi kendaraan favorit bagi banyak orang, tak heran banyak dari pemudik yang tidak mau ketinggalan dengan motor kesayangannya itu. Dengan cara melakukan kirim motor ke kampung halamannya, menggunakan jasa ekspedisi yang terjamin kualitasnya seperti Ina Post.

Untuk dapat melakukan pengiriman motor, tentunya Anda pun harus mengetahui tarif kirim motor ke daerah tujuan/kampung halaman Anda. Dalam menentukan tarif kirim motor, ditentukan oleh beberapa faktor yaitu:

  1. Ukuran mesin maksimal 250 cc
  2. Jenis sepeda motor bebek , sport, dan vespa
  3. Bukan sepeda motor roda 3
  4. Jarak tempuh atau kota tujuan

Dari keempat faktor tersebutlah yang menentukan besaran dari tarif kirim motor antar kota ke tempat yang Anda tuju, berikut ini adalah tarif kirim motor melalui Ina Post:

  • Sepeda motor jenis bebek dikonversikan beratnya 100 Kg
  • Sepeda motor jenis sport dikonversikan beratnya 150 Kg
  • Sepeda motor jenis vespa dikonversikan beratnya 200 Kg
  • Tarif belum termasuk Ppn 1%, jaminan ganti rugi nilai barang, pick up dan bea pengemasan
  • Tarif sudah termasuk jaminan ganti rugi ongkos kirim

Hal dilakukan ketika melakukan pengiriman motor di Ina Post

Ketika Anda mengetahui tarif kirim motor antar kota melalui Ina Post, setelah itu Anda harus mengikuti langkah-langkah dalam melakukan pengiriman. Berikut adalah langkahnya:

  • Datang ke Ina Post pemeriksaan (Ina Post di Ibu Kota Kabupaten) yang masuk jaringan layanan Postal Package jumbo. Untuk Ina Post di kecamatan masih belum bisa melayani pengiriman sepeda motor.
  • Kiriman sepeda motor, wajib dilengkapi dengan nomor HP yang dapat dihubungi, baik sipengirim maupun penerima.
  • Pengirim wajib menunjukkan STNK asli dan melampirkan fotokopinya, serta mengisi formulir kondisi dari sepeda motor yang akan dikirim.
  • Kemasan (packaging), pengemasan akan dilakukan oleh Ina Post atau pihak yang ditunjuk oleh Ina Post (Biaya pengemasan menjadi beban pengirim). Selain itu motor yang hendak dikirim sebaiknya BBM harus kosong (tangki bbm dalam keadaan kosong), lalu accu sepeda motor dalam kondisi tidak terpasang untuk menghindari hal yang tidak diinginkan. kaca spion motor sebaiknya dalam kondisi tidak terpasang, dan kemasan harus kuat untuk melindungi sepeda motor dari kerusakan.

Tarif kirim motor antar kota menggunakan Ina Post memang terbilang relatif lebih murah dibandingkan dengan perusahaan jasa ekspedisi lainnya, selain itu Ina Post telah memiliki pengalaman yang cukup panjang serta jangkauan yang luas. Sehingga Anda tidak perlu khawatir akan kredibilitas dari Ina Post.

Apabila Anda tertarik untuk melakukan pengiriman, dan ingin lebih tahu mengenai tarif kirim motor antar kota melalui Ina Post. Ada baiknya Anda membuka website dari Ina Post di www.posindonesia.co.id.